Thursday 6 August 2015

pengertian, objek wisata di Bali, istilah pariwisata



 MAKALAH TENTANG PARIWISATA


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan atas segala karunia Ida Sang Hyang Widhi Wasa, sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Makalah Tentang Pariwisata” dengan baik dan tepat pada waktunya.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak  yang terkait yang telah memberi bantuannya dalam penulisan makalah ini.
Akhirnya, kami sebagai penyusun menyadari bahwasanya makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, baik dalam penulisan maupun isi. Oleh sebab itu, kami meminta maaf kepada pembaca atas kekurangan-kekurangan tersebut, dan kami sangat mengharapkan saran, tanggapan, dan kritik dari pembaca guna sebagai pedoman dan perbaikan ke masa yang akan datang. Kami mengharapkan makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.Semoga Tuhan senantiasa memberikan petunjukdan membimbing kita.


Pancasari,      Agustus 2014



Penyusun
  

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………….          i
DAFTAR ISI…………………………………………………………          ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang…………….……………………………..           1
1.2  Rumusan Masalah……….……………………………….           1
1.3  Tujuan dan Manfaat…………….………………………..           1
BAB II PEMBAHASAN MATERI
2.1  Pengertian Pariwisata…………….………………………           2
2.2  objek wisata di bali
2.3  Istilah-Istilah di Dunia Pariwisata………………………..          10
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan………………………………………………           17
3.2 Saran………………………………………………….…            17
DAFTAR PUSTAKA…….………………………………………….          18

BAB I
PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang
Telah kita ketahui bersama bahwa di Negara kita Negara Indonesia memiliki beraneka ragam wisata dan budaya yang terbentang dari sabang sampai marauki, mulia dari  tempat wisata dan objek wisata yang kaya akan keindahan wisata alam, taman wisata, taman budaya,dan wisata kulinernya banyak orang menyebutkan indonesia adalah surga dunia yang memiliki banyak keanekaragaman wisata yang begitu indah dan memiliki khas di mana tiap daerahnya memiliki kebudayaan yang berbeda beda yang melambangkan cirikas dari daerah tersebut dan banyak turis baik turis domestic maupun macanegara yang mengagumi keanekaragaman budaya dan wisata di Negara Indonesia. Maka dari itu makalah saya akan membahas pariwisarta di Indonesia yang menjadi salah satu sumber pendapatan pajak Negara Indonesia.

1.2        Rumusan Masalah
Adapun beberapa masalah yang dapat dirumuskan dalam pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut.
1.      Apakah pengertian dari Pariwisata?
2.      Apa saja objek wisata yang ada di Bali ?
3.      Apa saja istilah-istilah yang sering muncul dalam dunia Pariwisata?

1.3        Tujuan dan Manfaat
Tujuan dan manfaat dibuatnya makalah ini adalah agar para pembaca :
1.      Dapat mengerti dan lebih memahami tentang pengertian Pariwisata.
2.      Dapat mengerti dan lebih memahami tentang objek wisata yang ada di Bali.
3.      Dapat mengerti dan lebih memahami tentang istilah-istilah yang sering muncul dalam dunia Pariwisata.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1   Pengertian Pariwisata

         Apa itu pariwisata ?sesungguhnya sampai saat ini belum ada kesepakantan ataupun kejelasan dari para pakar tentang pariwisata.  
1.      Secara Etomoogi
Kata pariwisata berasal dari kata pari yang berarti “banyak” atau “berkeliling”, sedangkan  wisata berarti “pergi”.  
2.      Kamus Besar Indonesia
Dalam Kamus Besar Indonesia dikemukakan bahwa pariwisata adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan perjalanan rekreasi.
3.      Menurut Para Ahli
·         Menurut UU No.10/2009 tentang kepariwisataan, yang dimaksud dengan pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, pemerintah, dan pemerintah daerah.
·         Koen Meyers (2009), pariwisata adalah aktivitas perjalanan yang dilakukan oleh semntara waktu dari tempat tinggal semula ke daerah tujuan dengan alasan bukan  untuk menetap atau mencari nafkah melainkan hanya untuk memenuhi  rasa ingin tahu, menghabiskan waktu senggang atau libur serta tujuan-tujuan lainnya.
·         Suwantoro (1997) , pariwisata adalah suatu proses kepergian sementara dari seseorang atau lebih menuju tempat lai dari luar tempat tinggalnya karena suatu alasan dan bukan untuk melakukan kegiatan yang menghasilkan uang.
·         James J. Spillane, pariwisata adalah kegiatan melakukan perjalanan dengan tujuan untuk mendapatkan kenikmatan, mencari kepuasan, mengetaui dsesuatu, memperbaiki kesehatan, menikmati olahraga atau istirahat, menunaikan tugas, dan berziarah.
·         Soekadijo (1996), pariwisata adalah gejalayang komples dalam masyarakat, di dalamnya terdapat hotel, objek wisata, souvenir, pramuwisata, angkutan wisata, biro perjalanan wisata, rumah makan dan banyak lainnya.
·         Drs. E.A.Chalik, pariwisata adalah perjalanan yang dilakukan secara berkali-kali atau berkeliling.
·         Prof. Kurt Morgenroth, kepariwisataan dalam arti sempit, adalah lalu lintas orang-orang yang meninggalkan tempat kediamannya untuk sementara waktu, untuk berpesiar di tempat lain, semata-mata sebagai konsumen dari sebagai konsumen dari buah hasil perekonomian dan kebudayaan guna memenuhi kebutuhan hidup dan budayanya atau keinginan yang beraneka ragam dari pribadinya.
·         Prof. Hans. Buchli, kepariwisataan adalah setiap peralihan tempat yang bersifat sementara dari seseorang atau beberapa orang, dengan maksud memperoleh pelayanan yang diperuntuhkan bagi kepariwisataan itu oleh lembaga-lembaga yang digunakan untuk maksud tertentu.
·         Prof. Salah Wahab, pariwisata merupakan suatu aktivitas manusia yang dilakukan secara sadar yang mendapat pelayanan secara bergantian di antara orang-orang dalam suatu negara itu sendiri(di luar negeri), meliputi pendiaman orang-orang di daerah lain (daerah tertentu), suatu negara atau benua untuk sementara waktu dalam mencari kepuasan yang beraneka ragam dan berbeda dengan apa yang dialaminya dimana ia memperoleh pekerjaan.
·         Prof. K. Krapt (1942), kepariwisataan adalah keseluruhan daripada gejala-gejala yang ditimbulkan oleh perjalanan dan pendiaman orang-orang asing serta penyediaan tempat tinggal sementara, asalkan pendiaman itu tidak tinggal menetap dan tidak memperoleh penghasilan dari proses yang bersifat sementara itu.
·         E. Guyer Freuler, pariwisata dalam arti modern merupakan fenomena dari jaman sekarang yang didasarkan atas kebutuhan akan kesehatan dan pergantian hawa, penilaian yang sadar dan menumbuhkan kecintaan yang disebabkan oleh pergaulan berbagai bangsa dan kelas masyarakat.
·         Herman V. Schularard (1910), kepariwisataan merupakan sejumlah kegiatan, terutama yang ada kaiannya dengan masuknya, ada pendiaman dan bergeraknya orang-orang asing keluar masuk kota, daerah atau negara.
·         Yoeti (1996), yoeti memberikan batasan-batasan tentang penyebaran kata-kata sebagai berikut
v  Wisata                        
v  Perjalanan; dalam bahasa inggris dapat disamakan dengan perkataan “travel”
v  Wisatawan                             
v  Orang yang melakukan perjalanan; dalam baghasa inggris dapat disebut dengan “traveller”
v  Para Wisatawan                     
v  Orang yang melakukan perjalanan; dalam baghasa inggris dapat disebut dengan “travellers”(jamak)
v  Pariwisata                   
v  Perjalanan yang dilakukan dari suatu tempat ke tempat lain dan dalam bahaa inggris disebut “tourist”
v  Para Pariwisatawan    
v  Orang yang melakukan perjalanan tour dan dalam bahasa inggir disebut”tourists”(jamak)
v  Kepariwisataan          
v  Hal-hal yang berhubungan dengan pariwisata dan dalam bahasa ingris deisebut”tourism”
           

2.2   Objek Wisata Di Bali

1. Jimbaran Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi

Disaat anda liburan ke Bali, pastilah ingin wisata pantai di Bali.Salah satu pantai yang wajib anda kunjungi saat liburan ke Bali adalah objek wisata Jimbaran. Jimbaran tempat wisata di Bali adalah nama desa di Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Berlokasi di daerah selatan pulau Bali, kurang lebih 15 menit dari bandara internasional Ngurah Rai.Di pantai Jimbaran terdapat cafe-cafe yang menghidangkan makanan laut (seafood).Selain itu kawasan Jimbaran tempat wisata di Bali, juga sangat terkenal dengan terdapatnya hotel-hotel mewah.Sebelum berkembang menjadi tempat wisata, Jimbaran dulunya adalah desa para nelayan.Sebagian besar penduduknya mencari nafkah dengan menjadi nelayan.Saat ini sudah berubah, hampir sebagian besar dalam mencari nafkah, penduduk Jimbaran bergerak dalam bidang pariwisata.Jimbaran tempat wisata di Bali, terletak diantara kawasan pariwisata Nusa Dua dan international airport Ngurah Rai.Kawasan ini juga memiliki pantai dengan pasir putih, dan sangat terkenal dengan warung makanan laut atau seafood cafe, sambil menikmati suasana pantai dan sunset.
Jika anda ingin menikmati pemandangan sunset dan hidangan makanan laut yang di bakar, tempat wisata Jimbaran salah satu yang terbaik, yang bisa anda dapatkan di pulau dewata. Begitu banyak tersedia seafood cafe di daerah ini, menawarkan beraneka ragam menu dengan harga yang bervariasi. Waktu terbaik untuk berkujung ke Jimbaran tempat wisata di Bali adalah sebelum matahari terbenam atau sekitar jam 17:00. Jika anda datang pada jam 17:00, pantai sudah tidak panas lagi dan pemandangan sunset belum di mulai. Di saat anda berlibur ke Bali, kami sarankan kepada anda, agar jangan sampai anda melewatkan moment indah ini, selama anda di pulau dewata bersama teman atau keluarga anda.

2. Kuta

Mendengar nama tempat wisata Kuta, tentunya anda pasti tahu tentang objek wisata ini. Salah satu tempat wisata di Bali terkenal, yang sangat jarang di lewatkan oleh wisatawan, disaat berlibur ke pulau dewata. Pantai Kuta, menawarkan pantai pasir putih, yang terbentang sepanjang 7 kilometer.
Banyak hal yang dapat anda lakukan di objek wisata kuta Bali, seperti, bermain di pantai pasir putih, melihat matahari terbenam di sore hari.Jika anda menyukai pertunjukan seni, anda dapat berkunjung ke Kuta Theater. Bagi anda yang sedang berlibur dengan anak-anak, tentunya mengunjungi Waterbom Bali, akan membuat anak-anak sangat senang.
Dapakan informasi detail disini, Objek Wisata Kuta.

3. Nusa Dua Tempat Wisata Bali

Nusa Dua tempat wisata Bali, banyak orang yang sudah mengenal objek wisata ini.Karena Nusa Dua sangat sering digunakan atau sebagai tempat diadakannya konfrensi berskala besar dan di kunjungi pemimpin negara-negara di dunia.Pemberitaan media masa sangat membantu Nusa Dua, mencapai kepopulerannya sampai sekarang.Tanggal 1 Oktober sampai dengan 8 Oktober, tempat wisata Nusa Dua Bali digunakan sebagai pusat dari penyelengaraan KTT APEC 2013.
Nusa Dua tempat wisata Bali, terletak di paling ujung bagian tenggara pulau Bali, dan berjarak sekitar 40 kilometer dari kota Denpasar. Jika dari dari Bandara Internasional Ngurah Rai jaraknya kurang lebih 8 kilometer, atau sekitar tiga puluh menit perjalanan dengan menggunakan mobil.
Taman yang terdapat di kawasan Nusa Dua, kalau boleh saya katakan adalah taman terindah di Bali. Apabila anda mengunjungi Nusa Dua, tidak akan terlihat oleh anda bahwa di balik taman terdapat hotel-hotel berbintang lima berstandar internasional yang memperkerjakan ribuan karyawan.
Di Nusa Dua terdapat banyak hotel berbintang lima, yang sering di gunakan sebagai tempat konfrensi bersekala international maupun nasional. Selain itu, Nusa Dua terkenal dengan pantai yang memiliki pasir putih dan air laut yang tenang.Sangatlah cocok bagi anda yang menginginkan wisata pantai pasir putih yang bersih dan tidak terlalu ramai seperti pantai Kuta.Kawasan wisata Nusa Dua dikelola oleh sebuah perusahaan yang bernama BTDC.
Nusa Dua sebagai salah satu tempat wisata di Bali, sangat terkesan akan kemewahan dan sangat tertata rapi. Kebersihan sangat terjaga dan pepohonan terpelihara.Bagi anda yang menginginkan untuk menginap di hotel resort, maka lokasi wisata di Bali ini, adalah tempat yang tepat buat anda pilih untuk menginap.

4. Seminyak

Hal yang membuat wisatawan berlibur ke objek wisata Seminyak, seperti tersedianya buitk mewah standar international, restoran berkelas dan tersedianya fasilitas private villas.Tentunya objek wisata Seminyak, juga memiliki pantai pasir putih, yang menawarkan pemandangan matahari terbenam.
Lihat disini info yang lebih banyak tentang, Seminyak.

5. Sanur

Awal perkembangan pariwisata di Bali selatan adalah objek wisata Sanur.Sanur murpakan tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi, Karena sangat disukai bagi wisatawan yang menginginkan tempat wisata yang lebih tenang dan tidak ramai. Sanur juga menawarkan pantai pasir putih, tetapi anda tidak akan dapat melihat matahari terbenam di objek wisata sanur. Melainkan matahari terbit yang akan anda dapat lihat disini. Air laut yang tenang, dan pemandangan bawah laut yang masih alami, membuat pantai ini favorit wisatawan untuk melakukan aktivitas yang disebut dengan namaseawalker Sanur.
Baca disini untuk lebih detail tentang, Sanur.

6. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa salah satu kawasan wisata favorit wisatawan domestik. Penyebabnya, objek wisata Tanjung Benoa merupakan pusat wisata bahari di Bali atau lebih dikenal dengan namawatersport Tanjung Benoa dan memiliki pasir putih dengan air laut yang tenang. Selain itu, di kawasan wisata Tajung Benoa juga tersedia banyak hotel dan restoran standar internasional dan tempat makan murah.
Baca disini untuk lebih detail tentang, Tanjung Benoa.

7. Legian

Objek wisata Legian, sangat dekat lokasinya dengan objek wisata pantai Kuta. Ditempat wisata Legian, menawarkan hal yang hampir sama dengan Kuta, hanya saja lebih sepi dari pantai Kuta.
Baca disini untuk lebih detail tentang, Legian.

8. Jimbaran

Jimbaran salah satu tempat wisata di Bali, yang mengalami perkembangan sangat pesat saat ini. Memiliki pasir putih dan sangat terkenal akan hidangan ikan bakar khas Jimbaran. Untuk mencari hotel murah ditempat ini, agak sedikit susah. Sebagian besar hotel dikawasan wisata Jimbaran adalah hotel bintang tiga sampai bintang lima.
Lihat disini untuk artikel tentang, Jimbaran.

9. Ungasan & Pecatu

Desa Unggasan dan Desa Pecatu, lokasinya berdekatan.Kedua kawasan wisata ini, menawarkan objek wisata pantai pasir putih, seperti pantai Dreamland dan pantai Pandawa.Pantai Pandawa merupakan tempat wisata di Bali terbaru, dan banyak mendapat kunjungan dari wisatawan, walaupun sudah sering berlibur ke Bali. Selain itu, jika anda pernah mendengar namaGWK Bali (Garuda Wisnu Kencana), lokasi wisata ini terdapat di desa Unggasan.


10. Desa Penglipuran Bali
Desa Penglipuran adalah sebuah desa tradisional yang terletak di Kubu, Kabupaten Bangli, Bali yang memiliki kehidupan bersosialisasi dan Budaya yang unik.Desa ini masih sangat asri yang menggambarkan suasana kehidupan masyarakat Bali jaman dahulu yang belum tersentuh oleh pengaruh modernisasi. Alam pedesaan disini didukung oleh suasana yang sejuk karena terletak pada lahan ketinggian sekitar 700 m di atas permukaan laut dan menurut sejarah yang diceritakan turun temurun oleh para sesepuh tua, nama desa ini diambil dari kata Pengeling Pura yang artinya ingat kepada leluhur, tetapi ada juga yang mengartikan penglipuran adalah Penghibur. Konon pada jaman kerajaan dahulu, banyak raja-raja mengunjungi desa ini sebagai tempat untuk menghibur diri karena alamnya yang indah dan suasananya yang damai.Tempat menarik yang bisa lihat disini adalah rumah-rumah penduduk yang masih tradisional yaitu tembok rumah masih terbuat dari tanah dan atap rumah masih terbuat dari bambo.Rumah-rumah ditata sedemikian rapi sehingga tampak mirip antara rumah satu dengan yang lainnya.

2.3   Istilah Istilah Dalam Dunia Pariwisata

A
  • Aisle seat: Kursi di sebelah lorong pesawat atau kereta api
  • Akomodosi: Hotel atau tempat menginap wisatawan dalam perjalanan wisatanya
  • Arrival: Jadwal kedatangan
  • Arunk (Arrival Unknown): Seseorang yang melakukan penerbangan terusan dari suatu kota ke kota berikutnya, tetapi jadwal kedatangannya sebelum penerbangan terusan ini tidak diketahui, contohnya, seseorang dari kota A akan melakukan penerbangan dari kota B ke kota C, tetapi jadwal kedatangannya dari kota A ke kota B tidak diketahui. 

B
  • BB (Bed and Breakfast): Suatu hotel yang menyediakan kamar termasuk makan pagi di hotel tersebut.

C
  • Caddy: Tukang angkat-angkat atau pesuruh dalam permainan golf yang membawa tas golf berisikan beberapa stick golf
  • Cancel: Pembatalan suatu produk yang telah di pesan oleh konsumen sebelumnya.
  • Cancellation Fee: Biaya atas pembatalan penggunaan jasa yang telah dipesan sebelumnya seperti, pembatalan pemesanan hotel, tiket pesawat, paket tour dan lain-lain. 
  • Check In: Melaporkan diri untuk pemakaian jasa yang telah dipesan sebelumnya seperti  pada hotel atau pada suatu penerbangan
  • Check out: Melaporkan diri atas telah berakhirnya pemakaian jasa atau produk wisata yang digunakan 
  • Confidential tariff: Harga yang berlaku antara pihak-pihak tertentu sesuai dengan harga yang telah disepakati dalam perjanjian yang telah dibuat.
  • Confirmed: Pemesanan suatu produk atau jasa telah disetujui
  • Contract Rate: Harga perjanjian antara dua penyedia jasa pelayanan pariwisata
  • Conveyor belt: Ban berjalan di bandara tempat kita mengambil barang/bagasi

D
  • Delay: Penundaan jadwal yang telah ditetapkan seperti jadwal keberangkatan pesawat
  • Departure: Jadwal keberangkatan
  • Destination: Destinasi, Daerah yang menjadi tujuan dalam perjalanan wisata.
  • Direct Flight: Penerbangan langsung tanpa transit 
  • Double bed: Satu buah tempat tidur buat dua orang
  • Due Date: Tanggal jatuh tempo suatu pembayaran atau bisa juga digunakan sebagai tanggal jatuh tempo atas reservasi atau pemesanan. 

E
  • Entertain: Menjamu dimana maksudnya menjamu partner kerja untuk mempererat hubungan kerja
  • ETA (Estimate Time Arrival): Perkiraan waktu kedatangan suatu penerbangan.
  • ETD (Estimate Time Departure): Perkiraan waktu keberangkatan suatu penerbangan
  • Extra bed: tempat tidur tambahan

F
  • Fam Trip: Suatu perjalanan untuk lebih mengenal produk-produk wisata atau destinasi wisata
  • Free Flow: Secara harfiah diartikan kedalam Bahasa Indonesia berarti mengalir secara bebas, maksudnya adalah semacam tawaran dari perusahaan jasa untuk memberikan pelayanan secara gratis kepada konsumen. Misal pada suatu hotel yang mengadakan suatu acara memberikan free flow soft drink  yang berarti konsumen bisa menikmati soft drink sepuas-puasnya dalam acara tersebut.
  • Full board: Suatu hotel yang menyediakan penginapan termasuk didalamnya memberi konsumsi (Makan Pagi, Siang dan makan malam) kepada tamunya selama menginap di hotel tersebut.
  • Full Day Tour: Suatu tour yang berlangsung dalam satu hari penuh.

G
  • Go Show: Istilah ini lebih sering di artikan sebagai seseorang yang datang langsung ke Bandara untuk mendapatkan tiket penerbangan tanpa pemesanan sebelumnya
  • Group rates: Harga kamar suatu hotel yang diperuntukkan bagi suatu rombongan yang datang secara bersama-sama dalam suatu kelompok.
  • Guest: Tamu/wisatawan
  • Guide: Dalam bahasa Indonesia lebih familiar di sebut dengan Pramuwisata atau pemandu wisata yang menemani dan memberi informasi kepada wisatawan tentang hal-hal yang dikunjunginya termasuk juga tentang adat-istiadat masyarakat setempat.

H
  • Half Day Tour : Lebih sering digunakan dalam suatu paket tour yang maksudnya suatu tour hanya berlangsung setengah hari.
  • Host: Tuan Rumah

I
  • In House Guest: Tamu/wisatawan yang sedang tinggal/menginap di suatu hotel
  • Infant: Berarti bayi yang di dalam penerbangan biasanya di pendekkan menjadi INF yakni bayi masih berusia di bawah 24 bulan
  • Itinerary: Jadwal perjalanan secara detail termasuk jadwal kedatangan dan keberangkatan seorang wisatawan

J
  • Jet lag: Merupakan suatu perasaan yang sangat lelah sewaktu melakukan penerbangan yang sangat lama

L
  • Landing: Posisi pesawat udara menuju tempat pendaratannya hingga sampai berhenti mendara di Bandara yang ditujunya
  • Length of Stay: Jangka waktu berapa lama wisatawan tinggal di suatu hotel
  • LO (Liaison Officer): Petugas Penghubung/perantara yang membantu pengunjung atau tamu untuk mengantar ketempat-tempat tujuannya 
  • Lost and Found (LF): Tempat melaporkan diri jika barang/bagasi tertinggal selama penerbangan



M
  • Meeting: Rapat atau pertemuan

N
  • No Show:  Seseorang yang telah memesan suatu produk tapi tidak datang pada tanggal pemesanannya tersebut. 

O
  • Occupancy: Tingkat Hunian Kamar suatu hotel
  • Origin: Daerah asal wisatawan
  • Over Flow Rates: Harga kamar yang sifatnya khusus terutama pada tamu yang dikirim oleh hotel lain, karena hotel yang bersangkutan sedang penuh.

P
  • Pick Up Time: Waktu penjemputan wisatawan 
  • Porter: Petugas resmi di bandara/pelabuhan yang di menawarkan jasa untuk mengangkat barang/bagasi
  • Porter fee: Uang/biaya untuk jasa porter
  • Published rate: Harga kamar suatu hotel yang dijual sesuai dengan yang dipublikasikan kepada masyarakat umum.

R
  • Refund: Pengembalian atas pembayaran konsumen yang telah membayar suatu produk seperti, paket tour, tiket pesawat, akomodasi dll, karena suatu hal konsumen tersebut membatalkan rencana perjalanannya.
  • Reservasi: Pemesanan suatu produk atau jasa yang akan digunakan.
  • Reserved: Suatu produk atau jasa telah dipesan sebelumnya dan telah disetujui.
  • Rooming List: Daftar jumlah kamar yang akan digunakan oleh suatu grup yang akan menginap di suatu hotel.
  • Runway: Landasan Pacu Pesawat

S
  • Sightseeing: Perjalanan wisata singkat untuk melihat-lihat sekitarnya
  • Single bed: Tempat tidur buat satu orang
  • Sunrise: Matahari terbit
  • Sunset: Matahari terbenam

T
  • Take off : Posisi pesawat udara ketika mulai terbang ke angkasa hingga sudah tidak menyentuh daratan lagi.
  • Tee: Tempat permulaan atau awal dalam permainan golf
  • Tee off: Mulai memukul bola dalam permainan golf
  • Tansfer In: Penjemputan Wisatawan yang baru datang untuk berwisata dari pelabuhan kapal atau dari bandar udara untuk diantar ke tempat penginapannya. 
  • Transfer Out: Pengantaran tamu dari tempat penginapannya ke pelabuhan kapal atau ke bandar udara karena tamu tersebut sudah mau pulang ke negara kediamannya
  • Travel Agent Rates : Harga kamar berdasarkan perjanjian antara pihak Travel Agent (Biro Perjalanan) dengan pihak hotel.
  • Transit: Berhenti sebentar di suatu kota untuk pindah ke penerbangan lain.
  • Twin bed: dua buah tempat tidur terpisah yang masing-masing diperuntukkan buat satu orang

U
  • Upgrade: Meningkatkan/Menaikkan, misal ketika menginap di standard room di upgrade ke superior room

V
  • VIP (Very Importan person) : Orang Penting yang ikut dalam suatu paket wisata seperti seorang komisaris perusahaan atau seorang pejabat pemerintahan dan lain-lain
  • Voucher: Tanda bukti yang digunakan oleh konsumen untuk mengklaim jasa yang telah dipesannya atau didapatnya kepada perusahaan yang menyediakan jasa sesuai yang tertera di dalam voucher tersebut, dan perusahaan yang bersangkutan akan menagih pembayaran kepada pihak yang menerbitkan/issued voucher

W
  • Walk In Guest: Tamu yang datang sendiri ke hotel tanpa melalui penyedia jasa seperti Travel Agent ataupun melalui jasa seseorang
  • Weekend rates: Harga kamar yang berlaku untuk akhir pekan seperti pada hari sabtu dan hari minggu
  • Window seat: Tempat duduk yang letaknya tepat dekat jendela
  • Window shopping: Pergi ke pusat-pusat perbelanjaan hanya sekedar melihat-lihat


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekagaraman hayati yang sangat tinggi yang berupa sumber daya alam yang berlimpah, baik di daratan, udara maupun di perairan.Semua potensi tersebut mempunyai peranan yang sangat penting bagi pengembangan kepariwisataan, khususnya wisata alam.
Sasaran tersebut di atas dapat tercapai melalui pengelolaan dan pengusahaan yang benar dan terkoordinasi, baik lintas sektoral maupun swasta yang berkaitan dengan pengembangan kegiatan pariwisata berkelanjutan, misalnya kepariwisataan, pemerintah daerah, lingkungan hidup, dan lembaga swadaya masyarakat.Dalam pengembangan kegiatan pariwisata berkelanjutan terdapat dampak positif dan dampak negatif, baik dalam masalah ekonomi, sosial, dan lingkungan alami.
Bahwa pariwisata itu adalah asset Negara yang penting. Pariwisata bisa menjadi industry yang memajukan Indonesia , membuat lapangan pekerjaan untuk masyarakat setempat, menciptakan usaha baru yang di kelola oleh suasta dan juga memberikan sebuah industry yang bisa menhasilkan omsed yang sangat menjanjikan. Mahasiswa juga harus berperan terhadap kelangsungan pariwisata di Indonesia agar tidak di akui tentang wisata budayanya dan kulinernya.

3.2  Saran
Dengan ditulisnya makalah yang menjelaskan tentang “PARIWISATA” Semoga kita semua benar-benar memahami tentang apa seharusnya kita dapatkan. Sehingga, jika ada hak-hak yang belum kita dapatkan, kita bisa memperjuangkannya.Begitu juga sebaliknya, jika hak-hak sebagai perencanaan Pariwisata berkelanjutan, maka sepatutnya kita menjalankan kewajiban kita sebagai warga Negara. Dengan demikian, negeri ini akan maju dan penuh dengan keadilan, kemakmuran, aman dan sejahtera.

DAFTAR PUSTAKA

http://blog.dibali.web.id/desa-penglipuran.html#sthash.7HAwpq9C.dpuf
http://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata


9 comments: